6 Manfaat Mengejutkan Kopi Untuk Kesehatan

(foto: Wallpapers Wide)

Banyak orang yang ketagihan meminum kopi terutama saat pagi hari atau sedang santai. Memang rasa yang dihasilkan kopi itu sendiri terasa nikmat tergantung jenis kopinya. Bagi para penggemar kopi, sepertinya ada kabar baik karena meminum kopi memiliki manfaat yang mengejutkan bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut 6 manfaat mengkonsumsi kopi, seperti dilansir Men's Fitness.

6. Mengurangi risiko terkena Alzheimer

Para peneliti menemukan bahwa peserta yang minum 3-5 cangkir kopi per hari memiliki sekitar 65% kemungkinan penurnan risiko terkena penyakit Alzheimer atau demensia di kemudian hari. Untuk itu minumlah kopi secukupnya dan lebih bagus lagi dihidangkan bersama makanan bergizi.

5. Melindungi sistem kardiovaskular

Sistem kardiovaskular atau sistem peredaran darah juga perlu Anda perhatikan. Jika tidak maka Anda bisa terkena penyakit kardiovaskular yang merupakan gangguan kesehatan pada fungsi sistem kardiovaskular.

Dengan hanya minum satu atau dua cangkir kopi sehari maka bisa mengurangi risiko kematian terkait penyakit kardiovaskular. Menurut sebuah penelitian di Jepang lebih dari 76.000 peserta, pria yang mengkonsumsi 1-2 cangkir kopi setiap hari bisa mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular sebanyak 38%.

4. Menurunkan risiko kematian

Kematian memang tak bisa dihindari, tapi setidaknya kita bisa mengurangi risiko kematian lebih awal. Sebuah studi dari National Institutes of Health - AARP Diet dan Health yang diikuti oleh 400.000 orang mengungkapkan bahwa minum kopi bisa mengurangi risiko kematian.

Antara tahun 1995-2008, peserta laki-laki yang minum kompi meksipun hanya satu cangkir per harinya bisa mengurangi risiko kematian 6%. Dan 2-3 atau lebih bisa mengurangi risiko sebesar 10% selama kurun waktu penelitian. Penurunan terbesar dari risiko kematian adalah 12% pada kelompok peminum kopi 4-5 cangkir kopi.

3. Mengurangi risiko terkena diabetes

Antara tahun 1996 dan 1998 peneliti Harvard melacak hubungan konsumsi kopi dengan diabetes tipe 2 dari sekitar 40.000 orang. Mereka menemukan bahwa peminum kopi jangka panjang memiliki penurunan risiko diabetes tipe 2 secara signifikan. Tapi ingat ketika membuat kopi jangan terlalu banyak menambahkan gula.

2. Mengurangi rasa nyeri

Mungkin Anda pernah mengalami rasa nyeri saat sedang bekerja biasa. Untuk menghilangkan rasa nyeri itu, Anda bisa mencoba dengan cara meminum kopi.

Peneliti Norwegia mengamati 48 orang yang melakukan pekerjaan kantor dan menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi kopi menyatakan tingkat intesitas rasa nyeri yaitu pada level 41. Sedangkan peserta yang tidak meminum kopi dilaporkan memiliki skor 55.

1. Menurunkan berat badan

Kopi ternyata juga bisa menurunkan berat badan. Hal itu dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan selama 22 minggu yang diikuti oleh 16 orang dewasa yang kelebihan berat badan. Para peneliti menemukan bahwa peserta yang diberi ekstrak biji kopi hijau telah mengalami penurunan berat badan yang signifikan sebesar 37,5%.

No comments:

Post a Comment