10 Makanan untuk Meningkatkan Fungsi Otak

Kita semua tahu otak memiliki peranan penting dalam tubuh. Otak juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar kinerja fungsi otak bisa maksimal. Lalu makanan apa saja yang cocok untuk meningkatkan fungsi otak? Berikut 10 makanan untuk meningkatkan fungsi otak.

Copyright: healthinmotion
10. Kacang-kacangan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology menunjukan bahwa asupan vitamin E dapat membantu mencegah penurunan kognitif, terutama pada orang lanjut usia. Kacang-kacangan adalah sumber besar vitamin E berasama dengan sayuran hijau, asparagus, zaitun, telur, beras merah dan biji-bijian.

9.Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan vitamin K. Sementara itu, vitamin K dikenal bisa meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kemampuan otak.

8. Biji labu

Zat seng sangat penting untuk meningkatkan memori dan kemampuan berpikir otak seseorang. Mendapatkan asupan biji labu yang cukup setiap harinya sudah cukup untuk mendapatkan zat seng yang dibutuhkan untuk otak.

7. Buah blackcurrant

Buah blackcurrant memang sejenih dengan buah anggur. Mereka kaya akan vitamin C yang dianggap memiliki kemampuan untuk meningkatkan ketangkasan mental seseorang.

6. Tomat

Tomat terbukti mengandung lycopene, antioksidan yang kuat untuk membantu melindungi terhadap jenis kerusakan akibat radikal bebas pada sel-sel tempat pengembangan demensia, terutama Alzheimer.

5. Blueberry

Salah satu universitas di Amerika Serikat, Tufts University menunjukan bahwa mengkonsumsi blueberry mungkin efektif dalam meningkatkan atau menunda hilangnya ingatan jangka pendek.

4. Minyak ikan

Lemak omega-3 paling efektif ditemukan dalam minyak ikan. Ini berfungsi baik bagi kesehatan otak dan mengurangi risiko Alzheimer. Sumber utama minyak ikan dapat ditemukan dalam ikan salmon, trout, sarden dan herring.

3. Biji-bijian

Otak tidak dapat berkerja dengan baik apabila asupan energi yang diterima otak sangatlah kurang. Kemampuan untuk berkonsentrasi dan fokus berasal dari pasokan energi dalam bentuk glukosa dalam darah yang menuju ke otak. Hal ini dapat dicapai dengan biji-bijian yang melepaskan glukosa secara perlahan ke dalam aliran darah.

2. Teh Hijau

Teh hijau juga memiliki peranan penting untuk meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan memori otak. Secangkir teh hijau setiap harinya sudah cukup untuk mewujudkan hal tersebut.

1. Coklat

Coklat mengandung antioksidan flavonoid yang bisa meningkatkan fungsi kognitif otak. Tidak hanya itu, coklat juga membantu meningkatkan memori dan melancarkan aliran darah ke otak.

No comments:

Post a Comment